Pendampingan Anak Rutan/Lapas/LPKA

Sahabat Kapas memberikan layanan pendampingan langsung untuk AKH di empat lokasi, yakni Rutan Solo, Rutan Wonogiri, Lapas Klaten dan LPKA Kutoarjo. Selain melayani anak yang berada di dalam Rutan/Lapas/ LPKA, Sahabat Kapas juga memberikan pendampingan psikososial kepada anak yang berkonflik dengan hukum baik korban maupun saksi.

Program Onjel

Program penggalangan dana sekaligus merek produk yang yang dikelola oleh Sahabat Kapas dalam upaya meningkatkan layanan pendampingan dalam bentuk konsep wirausaha sekaligus mengkampanyekan isu anak melalui produk kreatif. Program ini membawahi program #GerobakOnjel, #PawonOnjel, dan #LemariOnjel yang mempromosikan kaos, mug, pouch, tempat pensil serta produk kreatif lainnya. Semua hasil penjualan produk #Onjel digunakan untuk mendukung program pendampingan anak.

Program Integrasi

Program reintegrasi merupaka kegiatan pendampingan yang dilakukan saat anak mendekati bebas dan pascabebas. Pendampingan difokuskan pada penyiapan keluarga dan lingkungan, serta memfasilitasi anak agar bisa mengakses layanan pendidikan, pelatihan, dan kesempatan kerja yang baik.

Program Promosi Hak Anak

Sekolah Warga; Program peningkatan kapasitas PPT di 10 kelurahan di Surakarta tentang penanganan ABH yang berbasis masyarakat. Sosialisasi Anti-Kekerasan adalah Sosialisasi kepada masyarakat umum dengan tema besar Anti Kekerasan Terhadap Anak. Kampanye Hak Anak; Program edukasi tentang hak anak kepada publik melalui media sosial, pameran umum maupun terjun ke masyarakat.